Mengenal Wilayah Indonesia dan Perkembangan Provinsinya, Kaltara Provinsi Termuda

Artikel terkait : Mengenal Wilayah Indonesia dan Perkembangan Provinsinya, Kaltara Provinsi Termuda

Wilayah negara Indonesia dapat dilihat secara astronomis dan secara geografis. Secara astronomis wilayah Indonesia terletak pada 6° Lintang Utara (LU) – 11° Lintang Selatan (LS) serta 95° Bujur Timur (BT) – 141° Bujur Timur (BT). Secara geografis wilayah Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.
Wilayah Indonesia dan Perkembangan Provinsinya

Wilayah Indonesia yang sangat luas tersebut dihuni oleh penduduk yang jumlahnya sangat banyak pula. Jumlah penduduk Indonesia mencapai lebih dari 200 juta jiwa. Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan yang keempat terbesar di dunia.
Penduduk Indonesia tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Mayoritas penduduk Indonesia bermukim di lima pulau utama, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Dari kelima pulau tersebut, yang paling padat penduduknya adalah Pulau Jawa. Untuk
mengatasi masalah kepadatan penduduk yang belum merata, pemerintah perlu mengadakan program transmigrasi. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang berpenduduk padat ke daerah yang penduduknya masih jarang.
Pulau-pulau di Indonesia terbagi menjadi beberapa provinsi. Saat ini provinsi di Indonesia berjumlah 33 provinsi. Namun, pada awal kemerdekaan jumlah provinsi di Indonesia tidak sebanyak saat ini. Pada awal kemerdekaan jumlah provinsi di Indonesia hanya delapan provinsi. Kedelapan provinsi tersebut adalah:
a. Provinsi Sumatra,
b. Provinsi Jawa Barat,
c. Provinsi Jawa Tengah,
d. Provinsi Jawa Timur,
e. Provinsi Borneo (Kalimantan),
f. Provinsi Sulawesi,
g. Provinsi Sunda Kecil (Nusa Tenggara), dan
h. Provinsi Maluku.
Seiring perkembangan zaman terjadi pertambahan jumlah provinsi di Indonesia. Jumlah provinsi yang bertambah ini terjadi dimaksudkan untuk mempercepat pelayanan pemerintah kepada seluruh rakyat Indonesia. Pelayanan pemerintah yang cepat dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.
Berikut ini tabel perkembangan provinsi di Indonesia sejak awal kemerdekaan sampai sekarang.
Wilayah Indonesia dan Perkembangan Provinsinya
Terbaru, pada tahun 2012 provinsi di Indonesia bertambah menjadi 34 provinsi. Provinsi terakhir ini adalah Kalimantan Utara yang beribu kota di Tanjung Selor.
Kalimantan Timur bagian utara merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan. Daerah Kesultanan Bulungan merupakan bekas daerah milik Kerajaan Berau yang melepaskan diri. Kerajaan Berau menurut Hikayat Banjar termasuk dalam pengaruh mandala Kesultanan Banjar sejak zaman dahulu kala, ketika Kesultanan Banjar masih bernama Kerajaan Negara Dipa/Kerajaan Negara Daha. Dalam tahun 1853, Bulungan sudah dimasukkan dalam wilayah pengaruh Belanda. Sampai tahun 1850, Bulungan/Kaltara berada di bawah Kesultanan Sulu. Semenjak tanggal 13 Agustust 1787, Kesultanan Banjar dan vazal-vazalnya di sekitar Kalimantan jatuh dan menjadi daerah protektorat VOC Belanda, maka sejak saat itu  Kompeni Belanda membuat batas-batas wilayah di Borneo dengan berdasarkan batas-batas klaim Kesultanan Banjar yaitu bagian wilayah paling barat adalah Sintang sedangkan wilayah paling timur adalah Berau (termasuk Bulungan & Tidung).
Wilayah yang terlalu luas dapat menyebabkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat menjadi terhambat. Pulau Sumatra termasuk pulau yang besar. Oleh karena itu, harus dibagi menjadi beberapa provinsi.
Apabila hanya terdiri atas satu provinsi maka akan menghambat pelayanan kepada masyarakat di Pulau Sumatra. Misalnya dalam hal pendidikan dan kesehatan. Sedikitnya sarana kesehatan dan pendidikan di Pulau Sumatra dapat menyebabkan kesejahteraan masyarakatnya menjadi rendah.
Namun, sekarang jumlah provinsi di Pulau Sumatra ada sembilan. Kesembilan provinsi itu adalah Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Bangka
Belitung, dan Lampung. Dengan adanya pembagian tersebut, sekarang di Pulau Sumatra telah banyak berdiri sarana pendidikan dan kesehatan. Pelayanan masyarakat dilakukan oleh pemerintah
masing-masing provinsi. Indonesia mempunyai batas-batas wilayah tertentu. Berikut
ini batas-batas wilayah Indonesia secara umum.
a. Batas sebelah utara : Laut Cina Selatan, Samudra Pasifik, Malaysia, Filipina, dan Singapura.
b. Batas sebelah selatan : Samudra Hindia dan Australia.
c. Batas sebelah timur : Papua Nugini.
d. Batas sebelah barat : Samudra Hindia.
Demikian artikel mengenai wilayah Indonesia dan perkembangan provinsinya. Selamat belajar.

Artikel Balai Edukasi Lainnya :

Copyright © 2015 Balai Edukasi | Design by Bamz